Contoh iklan yang tidak etis
Contoh iklan yang tidak etis tersebut adalah Iklan pompa air Shimizu.
Iklan berbau erotis pompa air Shimizu yang ditayangkan di televisi
Indonesia. Iklan ini kemudian banyak menuai protes karena dianggap sebagai
tontotan yang menjurus porno. Dalam iklan Shimizu yang berdurasi sekitar 30
detik itu memang menyuguhkan sensasi erotis yang cukup menantang. Iklan ini
diawali seorang wanita memakai pakaian tidur dengan belahan dada terbuka
merengek kepada pasangannya. “Kalo nggak mancur terus kapan enaknya,” katanya
dengan mimik menggoda. Selanjutnya, si cewek pergi ke mall. Dia ditawari oleh
penjual obat kuat lelaki. Namun, ia justru datang ke toko pompa air merek
Shimizu. Di akhir cerita, setelah pompa air Shimizu itu dipasang, si wanita
seksi itu bergoyang erotis diiringi irama dangdut. Kemudian saat disiram oleh
prianya, wanita itu berkata dengan nada manja, “Basah deh”. Tayangan iklan
seperti yang disebutkan diatas tentu sangat tidak pantas dan tidak beretika.
Dari sisi kreatif iklan, tentu ini merupakan bentuk kreatifitas paling rendah.
Karena, Iklan seperti ini hanya mengambil gampangnya saja tanpa memikirkan
efeknya. Berkut ini adalah surat peringatan tertulis untuk iklan pompa air
shimizu dari Komisi Penyiaran Indonesia
Melanggar pasal 10 Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) yang berbunyi
Lembaga Penyiaran wajib memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak,
remaja dan atau perempuan serta pasal 49 ayat (3) huruf h dan Standar Program
Siaran (SPS) yang berbunyi program siaran dilarang menayangkan hal-hal yang
bertentangan dengan kesusilaan masyarakat dan nilai-nilai agama.
Ini gambar iklan tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar